Senin, 10 Juni 2013

Sepotong Kue Coklat (Part 1)


Sepotong Kue Coklat

Hidup, memang aneh. Terkadang kita mendapakatkan pelajaran dari hal hal kecil yang tanpa kita sadar merupakan gambaran sesuatu yang besar.  Kehidupan memang menyimpan banyak keindahan, keburukan, dan rahasia yang kita tidak dapat buka sepenuhnya.
Bangun tidur gue melihat jam dinding hitam bertuliskan angka putih diatas tivi kamar kosan gue yang kecil ini.jarum jam menunjukan bahwa itu pukul 5 sore. Gue pun bangun, dan sholat ashar. Gue ketiduran. Parah. Dari jam 2.
Setelah solat, gue iseng ngeliat profile BBM temen-temen gue. Gue baru inget ini tanggal 10 juni, dan itu adalah hari ulang tahun adeknya temen gue, si kika. Jadi keinget tahun kemaren gue diminta bikinin lagu buat ultahnya kiki, adeknya kika. Lagunya apaan tauk lupa. -_-“
Setelah gue liat liat, kue yang jadi Display Picture nya kika, itu gambarnya  kue coklat. Yang diatasnya ada lapisan coklat cair yang sangat terlihat enak. Ngeliat kue itu, ingatan gue kembali kewaktu umur gue sekitar 3-4 tahun. Gue masih tinggal di Tanjungpandan, Belitung dulu.
Memori itu masih lekat, ketika gue melihat kue dari balik etalase. Gue sama nyokap kesana jalan kaki karena belum punya motor. Gue pake baju kodok warna oranye, dan daleman garis garis. Celana dalem? Ga  pake deh kayaknya, namanya juga anak-anak. Gue ngerengek minta beliin kue dibalik etalase itu. Kue bolu coklat, dengan lapisan coklat cair diatasnya. Ya persis seperti yang ada di display picturenya kika. Mirip. Sangat mirip.
Nyokap membelikan khusus buat gue sepotong, yang lumayan gede bagi gue yang masih kecil waktu itu. Kue coklat itu enak sekali. Gue sperti orang udik yang tidak pernah makan kue. Melahap kue itu setibanya dirumah dengan rakusnya layaknya tikus ketemu ikan asin. Mulut gue penuh akan coklat.
Ga pake lama, setelah keinget memori itu. Gue BBM kika, bahwa kuenya mirip dengan kue yang suka gue beli waktu kecil dulu didaerah pujasera tanjungpandan. Kika sendiri, dulu juga pernah tinggal disana. Kita pernah sekelas, meskipun gue ga pernah kenal dia dulu, karena gue pindah ketika dia baru pindah ke sekolah gue. Kita malah kenal di kampus kita. Dan ternyata orang tua kita kenal deket, bokapnya kika dulu atasannya bokap gue.
Kika lalu bilang,”kok lo bisa inget sih? Gue mah udah agak lupa sama kenangan masa kecil gue”.
“entahlah. Gue ga tau”. Bales gue. Semuanya melintas aja kayak film diotak gue. Kayak semuanya itu adalah film yang udah lama gue simpen di decoder otak gue, menunggu di puter.
“Kalo, jajanan jaman sd yang gue inget itu, ada jagung dalem koran dikasih serutan kelapa sama gula. Pempek harga 50 rupiah. Kantinnya disebelah koprasi yang udah ga layak. Yang jual pengapusan gambar bendera negara”, gue melanjutkan.
“entahlah. Gue kan Cuma 3 bulan disitu.”, kika memang Cuma tinggal sebentar di tanjungpandan, setelah itu dia sama kayak gue; pindah ke Pangkalpinang, sebagai ibukota baru provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ini salah satu contoh hal besar yang mempengaruhi hal kecil. Provinsi baru menyebabkan migrasi kedaerah baru. Anak-anak kecil berpindah-pindah tempat tinggal, teman,  sekolah dan lingkungan. Akibatnya anak-anak seperti gue dan kika, sulit mengingat masa lalu. Provinsi hal besar, dan anak-anak kecil adalah bagian kecil yang nanti jadi besar pula.
“oh, gue inget kembang goyang!”, kika lalu membalas bbm gue.

“ah, kembang goyang. Enak banget tuh.”, gue ngiler. Kembang goyang adalah kue kering berbentung kembang yang manis. Bikinnya digoyang goyang diwajan.

“eh, inget ga di depan kelas satu ada pohon yang kalo bunganya mekar warnanya pink, terus dideket pohon ada kolam, aernya butek”, gue selalu inget main dibawah pohon yang ga terlalu tinggi itu, sampe sekarang gue ga tau itu pohon apa, bunganya berbulu kayak dandelion, didalemnya ada saripati madu, yang kalo di isep pas dapet yang mateng rasanya manis, kalo belum mateng rasanya kecut bahkan ada yang hambar.

“gue ga inget”, bales kika lagi.
“aahaha, gue inget ada kolam soalnya gue pernah ngejorokin temen gue dwiki apa odi kesitu, ijo semua bajunya lumutan. Untung guru udah pulang. Gue sama dia ketawa ketawa aja.”

Memori gue lalu kebawa ke masa masa sd. Kelas 1, gue masih ganteng dan semangat buat sekolah. Setelan baju merah putih baru “bau amoy”(bau yang menguar dari setiap baju baru. Umumnya bau pabrik. Bau amoy, karena penjual tekstil di tanjung dan pangkalpinang umumnya orang tionghoa. Amoy adalah sebutan gadis tionghoa.), kotak pensil berisik dari plastik, pensil merah item chung hua(Ada yang inget?), pensil mekanik baru gue punya kelas 2, warnanya biru gambar bunga-bunga. Jangan tanya kenapa bunga-bunga. -_-

Gue duduk dikursi kayu yang masih kuat, namun terlihat sudah tua, entah berapa lama sudah ada disana. Letak tempat duduk gue nomor 3 dari depan dan dua dari kiri. Gue didandanin seperti anak-anak kampung normal lainnya, karena gue anak pertama dan pertama sekolah, mereka hanya bisa mengikuti apa yang ada disekitar.  Gue dibedakin semuka-muka. Gue yang masih kecil gatau kalo dibedakin banyak-banyak itu bisa ngebuat muka kita menjadi badut ulang tahun. Masa lalu yang suram, norak banget. -_-“

Gue memperhatikan sekitar, semuanya terlihat seperti anak normal. Kecuali di sebelah gue. Di sebelah gue ada anak bule yang tinggi banget, tapi walaupun terlihat tinggi namun wajahnya merupakan wajah kekanakan. Dan tau ga lo. Bule itu juga bedaknya kepo kemana-mana, bule itu juga norak kayak gue.

Bule itu terlihat sangat gugup. Rambutnya sedikit pirang, namun bukan pirang yang pirang banget. Kulitnya putih tidak seperti Albino, seperti murni bule. Gue ngeliatinnya kayak ngeliatin pilem beranak dalam kubur. Takut men. Mau ngajak ngomong tapi gue belum bisa bahasa inggris pan, masih kelas satu sd, ngitung aja baru sampe sepuluh.

“eh, namanya siapa?”, tiba-tiba dia ngajak gue kenalan. Gue kagok, ini bule pake bahasa indonesianya lancar juga. Walaupun belibet.

“Eeeedwin. lo?”, gue gugup men.

“KEVIN.”

Kevin, merupakan temen pertama gue disekolah. Kita ga banyak ngomong ataupun ngobrol. Kita kebanyakan hanya bertegur sapa dan pulang bareng. Kevin orangnya kocak. Bule tolol kalo kata gue. Tapi dia pinter di pelajaran MTK kelas satu sih. Gue? Sebahu kevin waktu itu. 

Terakhir gue kontekan sama kevin dua tahun yang lalu, gue dapet Facebooknya dari Kika. Dan as expected. Dia ga pernah inget gue. What the. . tapi ga penting juga sih. Yang penting gue inget semua kenangan-kenangan sewaktu gue di SD itu dulu. SDN 16 Tanjungpandan. 

Sedih sih temen pertama gue ga kenal gue, tapi mau gimana lagi, ga mungkin kan mau maksa orang inget sama kita? Ngomongin masa SD, gue jadi inget kejadian di pelajaran agama pas kelas 3. . . . . . . . . . ..
Bersambung. . . . . . . . . . . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar